Jenis-jenis Kanker Hati yang Umum Terjadi

Informasi Kanker Hati - Jenis-jenis Kanker Hati yang Umum Terjadi | Hati merupakan salah satu organ terpenting yang ada di dalam tubuh. Hati memiliki peranan yang sangat penting dilihat dari fungsi yang dimilikinya, hati berperan penting dalam hal produksi protein dalam tubuh, melakukan proses dan penyimpanan nutrisi, serta menyaring atau menghancurkan racun atau zat-zat yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Hati tersusun oleh berbagai macam sel, sel utama pembentuk hati yakni hepatosit yang merupakan sel hati dan kolangiosit, sel-sel lapisan saluran empedu.

Jenis-jenis Kanker Hati yang Umum Terjadi
Jenis Kanker Hati
Hati mempunyai kemungkinan untuk terserang penyakit kanker hati primer, yang merupakan kanker yang muncul atau terbentuk dari organ lain yang kemudian menyebar dan tumbuh hingga menjalar sampai ke hati, dimana keadaan ini biasa disebut sebagai metastisis karena asal kankernya berasal dari tempat lain. Kanker hati banyak dialami oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan, kanker hati menyerang 2x lipat pada laki-laki dibandingkan dengan perempuan dan sebagian besar menjangkit orang diatas usia 50 tahun.

Jenis Jenis Kanker Hati

  • Hepatoseluler Karsinoma (HCC)
Kanker hati yang paling umum menyerang orang dewasa adalah  jenis kanker hati Hepatoseluler Karsinoma (HCC), sekitar 3 dari 4 penderita kanker hati menderita kanker jenis ini. Kanker jenis ini paling beresiko dialami oleh orang yang terkena Hepatitis C, pertumbuhan kanker jenis ini dimulai dari hepatosit, yang merupakan jenis sel hati utama.Pertumbuhan knker ini mempunyai pola pertumbuhan yang berbeda-beda, ada yang tumbuh diawali dengan tumor tunggal yang tumbuh membesar. Sebagian besar penebab terjadinya kanker jenis ini adalah konsumsi alkohol tinggi.
  • Kanker saluran empedu (cholangiocarcinomas)
Sekitar 1 atau 2 dari 10 kasus kanker hati yang terjadi merupakan kanker saluran empedu yang biasa disebut dengan  cholangiocarcinomas. Pertumbuhan Kanker jenis ini dimulai dari saluran empedu.
  • Kanker pembuluh darah hati (angiosarcomas dan hemangiosarcomas)
Kanker jenis ini pertumbuhannya diawali dari pembuluh darah yang terdapat di hati, kanker angiosarcomas dan hemangiosarcomas. Jenis kanker ini sangat langka, kanker ini dimulai dari tumor yang tumbuh dengan cepat yang pertumbuhannya sulit dideteksi sehingga ketika menyerang sebagian besar sudah tidak bisa diangkat lagi. Hampir sebagian besar orang yang terjangkit kanker hati jenis ini bertahan tidak lebih dari satu tahun setelah kanker ini ditemukan menjangkit di hati meskipun dilakukan pengobatan.
  • Hepatoblastoma
Kanker hati jenis ini sangat jarang terjadi, kanker jenis ini biasanya menjangkit balita. Pengobatan utamanya adalah dengan operasi dan kemoterapi. Penyakit ini memiliki kelangsungan hidup hingga 90% bila ditemukan pada stadium awal.

0 komentar:

Posting Komentar