Pengertian Kanker Hati yang Umum Dikenal

Informasi Kanker Hati - Pengertian Kanker Hati yang Umum Dikenal | Kanker hati merupakan salah satu penyakit yang paling berbahaya yang menjangkit hati manusia, kanker ini berkembang dan bertumbuh dari organ lain atau dalam kata lainnya mengalami metastasis ke hati. Penderita yang mengalami kanker hati akan memiliki tanda dan gejala klinis seperti hepatomegali atau pembesaran hati, sakit perut, ikterus, atau gangguan hati lainnya.

Pengertian Kanker Hati yang Umum Dikenal
Tempat awal tumbuhnya sel kanker biasanya menjadi rujukan utama untuk menamai atau mengetahui tipe kanker hati. Kanker hati jenis Hepatocellular carcinoma (HCC) atau hepatoma merupakan kanker primer yang paling banyak menjangkit yakni sekitar 85 % dari keseluruhan kanker hati yang menyerang. Jenis kanker hati primer yang tidak begitu umum terjadi berasal dari sel berada pada garis saluran empedu yang disebut cholangiocytes, sehingga kanker tipe ini lebih dikenal sebagai kanker cholangiocarcinoma atau kanker saluran empedu.

Organ hati juga merupakan tempat dari tumbuhnya satu tipe kanker yang disebut kanker hati sekunder (kanker metastatik). Pada kondisi ini kanker utama sebenarnya berasal dari bagian tubuh yang lain dan membentuk deposit sekunder pada hati. Contoh umum dari kasus yang sering terjadi adalah kanker kolorektal yang menyebar ke organ hati melalui pembuluh darah.

Penderita kanker hati umumnya adalah lansia. Kanker hati primer adalah kanker yang berawal di organ hati dan termasuk jenis kanker yang berpotensi fatal. Selain kanker hati primer yang muncul di dalam hati, ada juga yang dikenal dengan kanker hati sekunder yang bermula di bagian tubuh lain, seperti usus, sebelum menyebar ke hati.

Kanker Hati Banyak Menjangkit di Negara Berkembang 

Kanker hati merupakan tipe kanker yang paling umum menyerang. Sekitar 85% kasus kanker hati di dunia terjadi di negara berkembang. Penyebab tingginya kasus kanker hati di negara-negara yang masih berkembang adalah tingginya kasus hepatitis B dan C di negara-negara tersebut, termasuk di Indonesia.

Sebanyak 59% kasus kanker hati di negara yang masih berkembang disebabkan oleh hepatitis B dan 33% oleh hepatitis C. Sedangkan di negara-negara yang sudah maju seperti negara-negara di Eropa, penyebab utama kanker hati adalah konsumsi alkohol yang tinggi dan obesitas yang meningkat.
Di Indonesia, diperkirakan terdapat sekitar 33.000 kasus baru kanker hati setiap tahunnya. Angka ini diperkirakan akan meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penderita hepatitis B dan C yang saat ini mencapai 30 juta jiwa.

0 komentar:

Posting Komentar