Penyebab dan Gejala Timbulnya Kanker Hati

Penyebab dan Gejala Timbulnya Kanker Hati | Hati ataupun yang biasa disebut dengan liver adalah salah satu organ vital yang memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh seorang manusia, dimana fungsinya adalah melindungi tubuh kita dari berbagai racun serta zat-zat yang berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui pula bahwa hati adalah organ terbesar kedua yang ada di dalam tubuh manusia.

Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan beresiko menyerang hati yakni kanker hati. Kanker hati dapat membuat hati mengalami kerusakan, mengganggu fungsi, bahkan dapat mematikan hati apabila tidak dilakukan tindakan penanganan secara cepat. Saat ini, dunia kedokteran sudah memiliki banyak tekhnik pengobatan untuk bisa menangani ataupun mengantisipasi secara cepat sebelum kanker hati ini menggerogoti hati secara keseluruhan. Nah, untuk itu ada baiknya jika anda ketahui terlebih dahulu penyebab dan gejala timbulnya kanker hati.

Penyebab dan Gejala Kanker Hati

Penyebab Kanker Hati

Penyebab pasti timbulnya kanker hati hingga saat ini belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, kanker hati primer atau karsinoma hepatoseluler disebabkan oleh adanya cacat atau kelainan pada organ hati semenjak seorang manusia dilahirkan, sering mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol tinggi, adanya infeksi hebat yang diperoleh dari terserang penyakit hepatitis B dan C, serta hemochromatosis (kadar besi terlalu tinggi di hati) dan sirosis. Sekitar 50 % orang yang terserang kanker hati primer, telah mengalami sirosis hati.

Adapun zat yang merupakan penyebab terserangnya seseorang oleh kanker hati primer yakni: herbisida, aflatoksin (jamur yang tum tanaman pada gandum & palawija), dan bahan kimia vinil klorida dan arsen. Penyebab lain yang juga sangat berperan penting meningkatkan resiko terhadap timbulnya kanker hati yakni merokok dan meminum minuman dengan kadar alkohol tinggi.

Gejala Dini Timbulnya Kanker Hati

1. Perut mengalami Pembengkakan
Ketika hati anda mengalami masalah atau sedang diserang oleh penyakit maka akan menimbulkan sakit perut. Jika perut mengalami sakit disertai dengan pembengkakan karena pembesaran hati, kemungkinan besar anda sedang mengalami kanker hati.

2. Tubuh mengalami Penurunan Berat Badan

Proses metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh manusia sangat bergantung pada hati. Ketika hati mengalami gangguan fungsi hati maka hal tersebut akan menyebabkan penurunan berat badan.

3. Urin berwarna gelap
Warna Urin penderita kanker hati biasanya akan berubah menjadi warna kuning tua hingga coklat. Perubahan warna urin tersebut terjadi karena adanya peningkatan bilirubin dalam darah.

4. Asciti, timbulnya Cairan dalam Perut
Ascitis merupakan akumulasi cairan atau terdapatnya cairan di dalam perut yang juga merupakan tanda gejala awal terserang kanker hati. Cairan yang terdapat pada perut tadi akan menyebabkan perut kembung dan sakit.

5. Gatal pada Tubuh
Gatal mungkin diluar dari pemikiran anda sebagai salah satu penyebab kanker hati, karena gatal banyak dialami oleh orang dan boleh dibilang sangat umum terjadi. Akan tetapi, gatal juga menjadi salah satu indikasi dari kanker hati. Penyebab timbulnya gatal tersebut karena efek peningkatan bilirubin dalam tubuh Anda. Gangguan fungsi hati akan mengakibatkan peningkatan bilirubin, yang akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

6. Hati Mengalami Pembengkakan

Hati terletak di bagian sisi kanan perut bagian atas, agak ke tengah. Hati yang mengalami pembengkakan akan terlihat menonjol.

7. Kelelahan
Penderita kanker hati akan mengalami kelelahan tanpa sebab yang pasti. Meskipun kelelahan juga dialami oleh setiap orang dan merupakan sesuatu hal yang biasa, namun hal ini juga tidak dapat kita hiraukan.

8. Mual dan muntah
Mual dan muntah yang dialami tanpa sebab juga dapat menjadi tanda-tanda peringatan dini terserang kanker hati.

9. Ikterus
Ikterus bukanlah penyakit, melainkan presentasi klinis penurunan nilai pada fungsi hati. Gangguan fungsi hati menyebabkan retensi bilirubin dalam tubuh. Penyakit kuning atau hepatitis biasanya dapat dijadikan indikator sebagai salah satu tanda-tanda dini dari kanker hati.

Demikianlah Penyebab dan Gejala Timbulnya Kanker Hati, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar